Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

Heboh!Desa Babakansari Memiliki Pengrajin Bekerja Di Korea

Keramik menjadi salah satu andalan potensi produk kriya unggulan Kabupaten Purwakarta. Tidak diherankan hasil kriya tersebut membuat karyanya dikirim ke berbagai daerah, bahkan luar negeri, termasuk pengrajin keramik itu sendiri.  Desa Babakansari yang terletak di Kecamatan Plered menjadi salah satu tempat produsen keramik di Purwakarta. Senin, 11 Desember 2023 Bapak Kepala Desa Babakansari bersama Praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP melakukan kunjungan di tempat produsen pot keramik yang katanya salah satu pengrajinnya pernah berpengalaman bekerja di luar negeri.  Pak Acep panggilan akrabnya, memiliki pengalaman lebih dengan 2 tahun bekerja di Negeri Ginseng. Beliau bekerja di Korea pada tahun 2016 dengan dalih ajakan rekannya, berangkat bersama 40 pekerja dari Indonesia. Sebagai buruh pembuat keramik biasanya pemberian upah berdasarkan jumlah keramik yang dihasilkan oleh para pengrajin. "Kalau di Korea mah lebih mahal upahnya, satu pot  keramik aja bisa 100ribu. Disini cuma 30ribu, tapi disana kebutuhan yang mahal" ungkap Pak Acep.  Pengrajin yang bekerja di Korea sebenarnya diberi pilihan untuk proses pembuatan keramik yaitu dengan mesin atau manual, alih-alih menggunakan mesin supaya cepat, Pak Acep memilih membuat dengan cara manual karena beliau mengatakan "Kalau pake mesin itu hasil keramiknya cuma lurus-lurus aja, gabisa dibentuk tanahnya jadi nilai seninya kurang ada".  Beliau kembali ke Indonesia karena usaha yang dibangun di Korea menggunakan sistem kawin, sehingga ketika mereka berpisah atau cerai maka usaha tersebut akan bangkrut. Dan akhirnya Pak Acep kembali ke Babakansari dengan melanjutkan kerjanya sebagai buruh keramik dengan kembali menjadi pengrajin Desa Babakansari pada umumnya. Dengan lihainya beliau mengambil segenggam tanah lempung dan kemudian memutar meja kayu yang berputar atau pottery wheel, membentuknya menjadi keramik ukuran besar dengan teknik yang ia gunakan layaknya seniman.

Takjub!Kepala Desa Babakansari Bersama Para Praja Turun Melihat Langsung Semangat Masyarakat Dalam Pembuatan Keramik

Kepala Desa Babakansari yakni Bapak Yaya Sunarya meninjau langsung produksi gerabah keramik yang dibuat oleh masyarakat Desa Babakansari dengan Praja yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja. Hal ini menunjukan kepedulian Kepala Desa Babakansari terhadap kemajuan dan kesejahteraan warga Desa Babakansari. Kepala Desa Babakansari tentunya memiliki kesadaran yang tinggi akan potensi ekonomi dan budaya dalam Desa Babakansari . Dengan meninjau langsung produksi keramik gerabah,Beliau menunjukkan bahwa Beliau berkomitmen untuk mendukung industri lokal dan memastikan bahwa tradisi budaya terpelihara dengan baik.Adapun tujuan Kepala Desa Babakansari meninjau langsung bersama Para Praja untuk mengenalkan kerajinan-kerajinan yang ada di Desa Babakansari,tidak hanya itu untuk memperlihatkan nilai-nilai sosial yang bisa diambil dari para pengrajin seperti bekerja keras,tekun,teliti.Hal ini tidak hanya diajarkan melalui pendidikan di sekolah saja namun harus diajarkan melalui turun langsung ke masyarakat. Selain itu, Kepala Desa Babakansari memiliki sifat-sifat seperti kepemimpinan yang kuat, keterbukaan, dan kepedulian terhadap aspirasi masyarakatnya. Kegiatan ini sangat membantu dalam membangun hubungan yang lebih erat antara pemerintah desa dan masyarakat, sehingga lebih mudah untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan mereka. Selama kunjungannya, kepala desa bertukar ide dengan para pengrajin lokal, memberikan saran, bahkan mencari cara untuk mempromosikan produk keramik gerabah Desa Babakansari secara lebih luas, seperti di pasar regional atau nasional. Semua tindakan ini dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Babakansari. Diharapkan dengan adanya kunjungan Kepala Desa Babakansari bersama Para Praja dapat meningkatkan pendapatan para pengrajin ini dan juga dapat mengangkat hasil produksinya kedunia luar sehingga masyarakat luar bisa mengetahui bahwa Desa Babakansari memiliki banyak pengrajin yang hebat.

HATI TERIRIS MENDENGAR KISAH PILU PERJUANGAN SENIMAN MENGANTARKAN KEDUA ANAKNYA MENDAPATKAN GELAR SARJANA

Seniman asal desa babakan sari yakni Pak Koko adalah seorang ayah yang menjadi superhero bagi sang anak. Bagaimana tidak? dengan bekerja setiap harinya membuat hiasan,bisa mengantarkan anaknya hingga menjemput gelar sarjananya.Tidak hanya mengantarkan anak hingga mendapatkan gelar sarjanannya saja namun Pak Koko bisa meraih banyak piagam penghargaan dari pameran-pameran yang diadakan olehTaman Mini Indonesia Indah.Keren sekali bukan? Sebelum covid melanda orderan demi orderan Pak Koko terima sehingga setiap harinya patung hiasan yang dibuat bisa lebih dari 3 yang terjual belum lagi satu set hiasan yang dijual ditambah jika hiasan patung tersebut memiliki filosofi tentunya dan sudah pasti harga yang diperjualkan itu hanya satu set hiasan patung mencapai Rp 800.000 hal ini yang bisa mengantarkan kedua anaknya mendapatkan gelar sarjana.Tidak hanya hiasan patung yang Pak Koko buat melainkan untuk pot,requestan dari orang pun Pak Koko sanggupi.Hal ini dilakukan untuk mendapatkan uang untuk biaya kuliah kedua anaknya. Setelah covid terjadi semua sektor mengalami penurunan bahkan kerugian hal ini dialami juga dengan seniman superhero yakni Pak Koko dimana Pak Koko mengalami penurunan dalam pemesanan sehingga pemasukannya hanya bisa untuk membeli nasi setiap harinya.Namun Pak Koko tetep semangat bekerja. Dengan adanya praja melalu kegiatan bhakti karya praja di Desa Babakansari diharapkan dapat membantu Pak Koko untuk meningkatkan pemasukan dengan membantu memasukan karya karya Pak Koko di webdesaku sehingga masyarakat luar melihat dan merasa tertarik sehingga Pak Koko tidak merasa sepi orderan dan mendapatkan penghasilan. Pak Koko berharap masyarakat indonesia mengharagai karya karya seniman dibeli dengan harga dan nilai yang sesuai.Sehingga tidak merugikan pihak para seniman.

SUASANA MALAM PUNCAK HUT RI DESA BABAKANSARI

Minggu, 10 September 2023 menjadi malam pilihan bagi desa babakansari kecamatan plered Kabupaten Purwakarta untuk mengadakan acara puncak HUT RI ke-78.Karang taruna di Desa Babakansari mengadakan acara malam puncak dengan sangat meriah dimana rangkaian acara yang dimilikinya tersusun rapi dan sangat meriah.Dalam acara tersebut ada yang paling ditunggu-tunggu selain tentunya pembagian hadiah yakni ada tarian khas purwakarta yang di mainkan oleh anak anak Desa Babakansari. Namun acara tersebut  di awali dengan sambutan hangat oleh bapak Kepala Desa yakni Yaya Sunarya. Dalam sambutan tersebut Bapak Kepala Desa menyampaikan banyak terimakasih tentunya kepada masyarakat Desa Babakansari dimana masih memiliki antusias yang sangat besar dalam berpartisipasi mendukung dan mengisi acara dimana acara ini sangat meriah.Tidak hanya itu ucapan terimakasih juga kepada karangtaruna BabakanSari yang semangat membuat acara puncak ini tetap ada walaupun sangat jauh dari hari kemerdekaan. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara tersebut tentunya sangat dinikmati oleh para hadirin yang datang.Acara demi acara ditampilkan secara bertanggung jawab dan semangat sehingga para haadirin menikmati acara tersebut. Diharapkan acara puncak kemerdekaan ini terus tetap ada terjaga dan terpelihara.Sehingga nilai-nilai masyarakat Desa Babakansari tidak luntur begitu saja.Tidak hanya itu dengan adanya acara seperti ini meningkatkan solidaritas antar sesama masyarakat.

Judul: Perlombaan "September Ceria" Khusus Ibu-Ibu Kader PKK Desa Babakansari

Desa Babakansari, 08 September 2023 Desa Babakansari - Dalam rangka memeriahkan bulan September yang penuh semangat, PKK Desa Babakansari menggelar perlombaan khusus bagi para ibu-ibu kader PKK. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, mengembangkan bakat, serta mempromosikan kegiatan-kegiatan positif di lingkungan masyarakat. Berbagai lomba menarik telah disiapkan untuk memeriahkan acara ini, salah satu di antaranya yaitu lomba membuat nasi tumpeng. Selain lomba-lomba, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti hiburan musik dan door prize menarik untuk para peserta. Mari bersama-sama merayakan bulan September yang ceria dan membangun sinergi yang lebih kuat di antara ibu-ibu kader PKK Desa Babakansari. Ayo tunjukkan kreativitas dan potensi terbaikmu!